Gali Potensi Daerah, Kemenpora Gelar Liga Pora OPUD

Bandung- Dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga di daerah, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI) menggelar kejuaraan Liga Pora Olahraga Prestasi Unggulan Daerah (OPUD).

Kali ini, Jawa Barat diercaya menggelar kejuaraan Liga Pora OPUD untuk cabang olarhaga angkat besi yang dilaksanakan di GOR Tri Lomba Juang, Bandung pada 11-15 Desember 2019.

Menurut Staf ahli bidang Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI sekaligus penggagas OPUD, Yunyun Yudiana, event ini terselenggara mengacu pada Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) serta Permenpora Nomor 21 tahun 2017.

“Ini sesuai dengan undang-undang SKN dan juga Permenpora Nomor 21 taun 2017 yaitu tentang olahraga prestassi unggulan daeerah. Artinya setiap daerah harus memiliki cabor unggulan dalam rangka meningkatkan olehraga prestasi Nasional. Berangkat dari OPUD ini kita akan memperoleh atlet remaja yang mengacu pada program pembinaan jangka Panjang,” ungkap Yunyun yang juga merupakan penggagas OPUD tersebut.

Untuk cabor angkat besi, Jabar ditunjuk menjadi tuan rumah lantaran potensi cabor angkat besi di Jabar terbilang luar biasa. Pada OPUD kali ini terdapat 50 atlet dari lima kota/ kabuapten di Jabar bersaing menjadi yang terbaik.

“Ini untuk kedua kalinya dilaksanakan. Untuk yang pertama dilaksanakan di Jambi. Usia atlet OPUD berkisar 12-17 tahun. Saya lihat ini akan memotivasi daerah. Tumbuh klub dan perkumpulan baru di sana sehingga ditemukanlah emas-emas di kemudian hari,” jelasnya. *** (P93)


Navigasi