LIFTER JABAR PECAHKAN REKOR NASIONAL SAAT UJI TANDING

BANDUNG - Para lifter angkat berat putra Jawa Barat memantapkan persiapan menuju PON XX/2021 Papua dengan menjalani uji tanding di GOR PABBSI, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (4/8/2021). Pada uji coba tersebut, Asep Nurdin berhasil memecahkan rekor Nasional untuk angkatan bench press.

Turun pada kelas +120 kg, Asep mampu mencatat angkatan terbaik 280 kg pada percobaan ketiga. Nilai tersebut jauh melampaui rekor Nasional sebelumnya untuk angkatan bench press yakni 272,5 kg. Bahkan pada angkatan kedua, Asep Nurdin lebih dulu melewati rekor tersebut dengan mengangkat beban 273 kg. 

Ketua Pengurus Provinsi Perkumpulan Olahraga Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi) Jawa Barat Sugito mengatakan,enam lifter putra yang dipersiapkan untuk PON turun pada uji coba yang melibatkan atlet-atlet dari kabupaten kota di Jawa Barat. 

Pemecahan rekor oleh Asep Nurdin, kata Sugito, merupakan salah satu pencapaian positif dalam ajang uji coba tersebut. Menurut Sugito, secara keseluruhan enam lifter putra Jabar menampilkan performa maksimal dengan motivasi besar meskipun beberapa kali gagal mencoba mengangkat beban terberat.

"Kami cukup puas melihat penampilan para atlet putra, terutama atlet Pelatda Jabar untuk PON. Semua ngotot, bahkan ada pemecahan rekor juga," kata Sugito saat ditemui seusai pertandingan. 

Dia menambahkan, tim angkat berat Jabar masih akan menjalani satu kali uji tanding untuk pemantapan persiapan menuju PON. Menurut Sugito, tim Jabar harus benar-benar siap secara mental dan teknik sebelum berangkat untuk bersaing pada pesta olah raga terbesar di Indonesia itu. 

"Ini try in ketiga, kita masih punya satu kali lagi tes untuk pemantapan PON, terutama dari sisi teknik. Ada perubahan yang akan dilakukan dan sudah dirumuskan oleh pelatih, itu hasil evaluasi try in hari ini. Kita juga masih menunggu hasil try in untuk putri besok," kata Sugito. (ABK)


Navigasi