ATLET TINJU JABAR SIAP TANDING DI PON XX

BANDUNG - Progres peningkatan diperlihatkan atlet tinju Jawa Barat yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada Oktober 2021. Hal itu terlihat saat pelaksanaan uji coba kedua menghadapi tim tinju PON XX Papua Barat di Sasana Tinju Jabar, komplek olahraga Pajajaran Kota Bandung, Jumat (13/8/2021).

"Atlet memperlihatkan peningkatan dari pelaksanaan uji coba kontra Papua Barat. Mereka lebih lepas, enjoy dan tenang saat bertanding sehingga beberapa teknik saat berlatih bisa diperlihatkan termasuk apa yang diinstruksikan tim pelatih," kata asisten pelatih tim tinju PON XX Jabar, Dadan Amanda saat ditemui di Sasana Tinju Jabar, komplek olahraga Pajajaran Kota Bandung, Senin (16/8/2021).

Meski demikian, Dadan mengaku jika masih diperlukan beberapa pembenahan dari setiap atlet. Diantaranya kesalahan saat melakukan penyerangan serta penerapan teknik saat bertanding.

"Pembenahan itu akan selalu ada tapi tidak terlalu banyak," Dadan menambahkan.

Terkait kualitas atlet tinju PON XX Papua Barat, Dadan mengaku jika kemampuan atlet tinju Jabar masih lebih baik. Baik dari sisi fisik, teknik maupun dari sisi mental bertanding.

Pada gelaran uji coba kontra Papua Barat, dipertandingkan sebanyak sembilan kelas. Dempat kelas di kelompok putra yakni kelas 46 kg, 56 kg, 60 kg, dan 75 kg, serta lima kelas di kelompok putri terdiri dari kelas 48 kg, 51 kg, 57 kg, 60 kg, dan 64 kg.

"Secara umum, kita masih unggul dari mereka (Papua Barat). Hampir di semua kelas yang dipertandingkan," kata dia.

Menjelang pelaksanaan PON XX yang menyisakan kurang dari 60 hari, Dadan mengatakan jika para atletnya sudah cukup siap untuk bisa mencapai target dua medali emas. Namun sebelum berlaga di PON XX, pihaknya berharap para atlet tinju Jabar bisa menjalani minimal dua kali uji coba.

"Secara keseluruhan kita sudah siap. Tapi kita masih perlu uji tanding lagi sehingga benar-benar siap, setidaknya dua atau tiga kali lagi. Kita drai tim pelatih akan mencoba mencari lawan lagi untuk uji tanding," kata Dadan.

Seperti diketahui, tim tinju PON XX Jabar sudah menjalani dua kali pelaksanaan uji tanding. Yang pertama menghadapi tim tinju PON XX Papua dan yang kedua menghadapi tim Papua Barat. (ARS)


Navigasi