KETUA UMUM KONI PUSAT TEGASKAN PON XX SESUAI RENCANA

PAPUA- Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman menegaskan jika perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua akan digelar sesuai rencana. 

Dilansir dari situs resmi PON XX 2021, http://www.ponxx2020papua.com/ bahwa entry by name atlet peserta multi event Nasional itu sudah rampung pada 1 Agustus 2021 lalu yaitu 6.496 atlet. sedangkan untuk keabsahan atlet sendiri masih berlangsung hingga saat ini. begitu juga dengan SK Panpel yang bertugas diklaim sudah rampung 100%.

Meski ada beberapa kabar terkait masalah keamanan di Papua, Ketua Umum KONI Pusat kembali menegaskan bahwa keamanan masih terkendali di empat tempat penyelenggaraan PON XX, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

“Ada dinamika keamanan di Papua, tetapi secara umum Papua dalam kondisi yang terkendali. Papua siap dengan pelaksanaan PON. Masyarakat Papua ingin menjadi tuan rumah yang baik, penyelenggaraan PON ini harga dirinya masyarakat Papua. Koordinasi dengan Kapolda Papua, Pangdam Cenderawasih dan lainnya terus berjalan,” tambahnya. “Kekuatan yang disiapkan Kodam Cenderawasih dan Polda Papua cukup untuk mengamankan,” terang Ketua Umum KONI Pusat.

Pada penyelenggaraannya nanti, protokol kesehatan juga tetap dilaksanakan dengan ketat. Keberhasilan Olimpiade Tokyo 2020 menjadi motivasi untuk Indonesia sukseskan PON XX Tahun 2021 di Papua. “Salah satu kunci Olimpiade Tokyo berhasil karena penerapan protokol kesehatan, ini jadi atensi kita,” katanya.

Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, bahwa semua kontingen yang berangkat, dan masyarakat Papua di sekitar Venue harus sudah divaksin. Saat ini, seluruh kontingen hampir sudah semuanya menerima dosis kedua vaksin. Jika ada yang tidak dapat divaksin karena masalah kesehatan, mereka harus didukung keterangan dari dokter.

Meski resmi dibuka pada tanggal 2 Oktober 2021, beberapa pertandingan sudah dimulai sebelumnya. Pertandingan pertama yang digelar di Kota Jayapura adalah Softball Putra, tepatnya tanggal 22 September 2021. Kemudian pada tanggal 23 September 2021, untuk pertama kalinya pertandingan digelar di Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Mimika. Saat itu, Kabupaten Jayapura akan menggelar Polo Air dan Baseball sedangkan Kabupaten Mimika mempertandingkan Terbang Layang. Kabupaten Merauke pertama kali menggelar pertandingan pada 29 September, yakni cabor Wushu. Sebelumnya pertandingan, Test Event sudah berlangsung, ditargetkan sudah dilakukan di seluruh tempat penyelenggaraan PON XX Tahun 2021.

“Mari kita bersama menjadikan PON XX ini sebagai PON pemersatu bangsa. Mari kita jadikan PON XX ini sebagai kebangkitan Bangsa Indonesia dari pandemi Covid-19. Olimpiade Tokyo selesai sesuai dengan rencana dan selesai dengan baik, saya harapkan PON XX juga selesai dengan baik,”tegasnya. 


Navigasi