KONI JABAR OPTIMALKAN MEDSOS DI PON XX 2021

BANDUNG - KONI Jawa Barat mengoptimalkan media sosial untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan segala informasi mengenai kontingen Jawa Barat selama mengikuti PON XX/2021 di Papua. Selain oleh para awak media yang akan menyuplai informasi melalui media daring, radio, maupun cetak, kebutuhan informasi seputar kontingen Jabar selama PON juga akan disediakan oleh para ofisial cabang olah raga.

Para ofisial cabang olahraga tersebut secara khusus mendapatkan arahan untuk melakukan reportase maupun memproduksi dan mengirim berita berbentuk video melalui Bimbingan Teknis Sistem Informasi Digital teradu KONI Jawa Barat pada PON XX Papua 2021 yang digelar di Gedung KONi Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Sabtu (22/8/2021).

"Keluarga atlet atau juga masyarakat umum pasti ingin selalu mendapatkan informasi soal PON, terutama keberhasilan tim PON, pertandingan, perolehan medali, dan suasana atau aktivitas kontingen di sana. Untuk itulah, KONI Jabar akan mengoptimalkan penggunaan berbagai bentuk media sosial yang sudah aktif seperti instagram, twitter, youtube, dan facebook sebagai sumber informasi untuk masyarakat," kata Wakil Ketua Bidang Humas dan Media Informasi KONI Jabar Irfan Suryadireja di sela-sela acara bimbingan teknis.

PON XX/2021 Papua akan digelar di empat lokasi dengan jarak berjauhan, yakni di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Merauke. KONI Jawa Barat, kata Irfan, mengikutsertakan sejumlah wartawan dalam kontingen untuk melakukan peliputan di empat daerah tersebut. Akan tetapi, peran aktif ofisial cabang olah raga juga akan dioptimalkan untuk mengisi informasi pada berbagai platform media sosial itu, terutama dalam bentuk video.

"Maka pada bimbingan teknis ini ada pelatihan singkat secara teori dan praktik dari praktisi media, terutama tentang metode pengambilan gambar dengan handphone untuk kebutuhan berita video. Kami berharap dukungan dari cabor atau ofisial kontingen untuk penyediaan informasi yang nantinya akan disebarluaskan kepada masyarakat melalui media sosial KONI Jawa Barat. Jadi semacam citizen journalism, ini pelakunya ofisial cabor," kata Irfan.

Dia menambahkan, KONI Jabar merencanakan tiga siaran setiap hari melalui kanal youtube, yakni secara langsung pada pukul 12.00 WIB, buletin kegiatan pertandingan pada pukul 16.30 WIB, dan siaran langsung hasil pertandingan pada pukul 17.00 WIB. 

"Posko utama di Papua akan dibuat di Kabupaten Jayapura, sementara Posko di Jabar ada di Gedung KONI Jabar. Penyebaran informasi nantinya akan dikendalikan dari dua Posko itu," kata Irfan. (ABK)


Navigasi