KONDISI TIM CATUR JABAR SUDAH ON THE TRACK JELANG PON XX

BANDUNG - Catur merupakan satu dari  cabang olahraga yang persiapannya sudah on the track untuk menghadapi PON XX Papua Oktober mendatang. Setidaknya, dalam persiapan menghadapi Pesta Olahraga Nasional empat tahunan tersebut, tim catur Jawa Barat cukup maksimal dalam menjalani rangkaian uji tanding.

“Menghadapi  PON nanti, kondisi tim catur kita sudah on the track. Kita menjadi juara dalam undangan try out di Jakarta  setelah menghadapi atlet-atlt top lima besar di Indonesia yang sudah malang melintang di internasional, saat itu tim catur kita ada di peringkat atas,” kata Sekretaris Umum Percasi Jawa Barat, Dicky Irfan Firmansyah kepada media di Ruang Kominfo KONI Jawa Barat, Kamis 26 Agustus 2021.

Dicky menilai dari segi kesiapan tim catur Jawa Barat masih dalam kondisi on the track. Tim catur Jawa Barat tetap memiliki atlet andalan seperti Susanto Megaranto dan Irene Sukandar.

“Mungkin yang kami waspadai selama di Papua nanti adalah non teknis. Apalagi saat ini masih dalam pandemi Covd-19, khawatir kondisi ini akan dimanfaatkan oleh pesaing-pesaing kita saat PON nanti,” kata Dicky menambahkan.

Kejuaraan internasional di Rusia  menjadi pengalaman berharga bagi tim catur Jawa Barat. Menurut Dicky seluruh ofisial dan tim menyatakan mundur karena keputusan hasil pemeriksaan kesehatan atau protocol kesehatan disana didapat ketika atlet sudah jalan 15 langkah.

“Misalnya tim kita sudah lolos babak pertama, Susanto sudah 15 langkah dan saat itu hasil Swab keluar dan dinyatakan positif, jadi hal inilah yang akan jadi pengalaman kita soal regulasi idealnya kita tunggu seperti apa yang diterapkan tuan rumah,” kata Dicky menuturkan.

Tim catur Jawa Barat tetap optimis karena selain Susanto di nomor putra, tim putrid juga menjadi andalan karena saat ini akan mengikuti kejuaraan catur Asian Championship secara on line. (ANK)


Navigasi