ARAH ANGIN TENTUKAN NASIB TIM PARALAYANG JABAR DI PON PAPUA

BANDUNG – Arah angin akan menentukan nasib kontingen Paralayang Jawa Barat saat tampil di PON XX Papua. Perbedaan kecepatan angin di Kota Jayapura Papua memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi saat digelarnya canang olahraga Paralayang.

“Kota Jayapura memiliiki ketinggian landing 180 sampa take off 200 meter melayang  dengan jarak  1 kilometer sampai 800 meter dan ketepatan mendarat lintas alam,” kata Dadang Hendaryah, Manajer Tim Paralayang.

Tim Paralayang Jawa Barat akan tampil dengan  16 atlet dan empat orang ofisial.  Menurutnya, tim Paralayang Jawa Barat menargetkan dua medali emas bahkan bisa melebihi yang datang dari ketepatan mendarata putri dan perorangan putri.

Sejauh ini, venue untuk melakukan aklimtasasi dan proses persiapan dilakukan di lokasi yang memang memiliki kecepatan angin maupun suhu udara yang sama dengan Kota Jayapura yani, Puncak Bogor, Cianjur, Sumedang serta Subang.

“Untuk ketepatan mendarat putri ini hanya akan menghadapi Jawa Timur sebagai pesaing berat kita di PON nanti. Sementara untuk beregu kita pastikan akan datang dari provinsi Banten serta Jawa Tengah,” kata Dadang.

Dadang optimistis, karena dalam sejarah Paralayang, Jawa Barat kerap menguasai nomor beregu putri.  Namun, katanya, semua venue yang dijajal tak selalu sama.

“Selalu berubah-ubah, namun keempat lokasi tersebut sangat pas untuk berlatih Paralayang dan ketepatan mendarat, di Kota Jayapura berharap tidak ada masalah, disana memang tingkat kesulitan sangat besar namun tergantung arah juga,” katanya menambahkan.

Program try out dua tahun sebelumnya (2019) yang berhasil meraih juara pertama menjadi modal satu-satunya untuk mengukur peta kekuatan persaingan di PON XX Papua nanti.

“Selain mengikuti kejuaran, kita juga mengadakan sparing partner dengan daerah terdekat, Kia berharap atlet-atlet menjadi andalan seperti, Nilawati Siring dan Karlina Dwi serta tiga atlet putra kita Dede Nisbah dan Umar Suparman bisa memenuhi target yang kita canangkan,” katanya. (ANK)


Navigasi