GENERASI HANS DIHARAPKAN BISA MENERUSKAN KEJAYAAN CABOR SELAN JABAR DI PON XX

BANDUNG – Sepeninggalan Hans Yosaputra legenda selam Jawa Barat, cabang olahraga  yang satu ini tetap menjadi tumpuan sebagai lumbung emas di PON  XX Papua Oktober, mendatang.

Seperti diketahui, Hans Yosaputra sempat menjadi atlet paling fenomenal bagi Jawa Barat yang kerap menyabet emas terbanyak di  PON PON sebelumnya. Karena itu, prestasi yang sempat ditorehkan Hans dapat diikuti oleh Hans Hans lainnya di Jawa Barat untuk PON XX Papua nanti.

“Hans sendiri sekarang menjadi pelatih, tetapi generasi  Hans di Jawa Barat untuk dapat meneruskan prestasinya sudah kita cetak, kita akan buktikan di PON Papua nanti, “ kata Gofur Ammar Santoso pelatih cabang olahraga  selam kepada media di Ruang Kominfo KONI Jawa Barat, Selasa (31/08/2021).

Gofur menegaskan, POSI  sebagai induk olahraga selam di Jawa Barat mengirimkan dua nomor yang akan diikuti di PON nanti yakni nomor kolam dan laut.

“Untuk persiapan dua nomor tersebut sebetulnya sudah kita laksanakan sejak Agustus 2020 lalu. Secara keseluruhan untuk memenuhi target enam medali emas secara progres sudah kita jalani dengan perkembangan yang signifikan,” ujar Gofur menjelaskan.

Di masa pandemi ini kata Gofur, tim selam Jabar memang menemui beberapa kali kendala. Karena itu, disisa waktu sebulan ke depan akan dimanfatkan dengan sebaik-baiknya.

“Hanya kita tinggal menunggu perlengkapan saja. Sebelum berangkat  perlengkapan harus sudah kita dapatkan,” kata Goffur menambahkan.

Gofur optimistis, secara teknis Jawa Barat bisa meraih enam medali emas dari total 20 medali yang diperebutkan. “Paling tidak dari nomor kolam dan laut masing-masing bisa menyumbangkan medali  dua dari semua nomor yang kita ikuti. Tapi kami sadar bahwa kekuatan selam ini ada di Jawa Timur potensi para atlet mudanya cukup bagus,  kita hanya di nomor kolam saja sedangkan laut kita tidak mengandalkan,” ujar Gofur menjelaskan lagi.

Jawa Barat akan memboyong Sembilan atlet yang terdiri delapan atlet muda dan ditopang satu atlet yang pernah tampil PON 2016 lalu.

“Hampir semua atlet yang kita boyong baru merasakan eforia PON, total 10 dengan satu atlet di nomor laut, kelebihan kita cukup karena sebagian besar kit akan tampil dengan atler muda, jadi lebih kuat dari skuad biasa,” kata Gofur. (ANK)


Navigasi