PERSAINGAN KETAT KARATE JABAR TAK UBAH TARGET DI PON

BANDUNG - Walaupun persaingan akan semakin ketat dengan ancaman berbagai kendala faktor nonteknis, Pengprov Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Jabar tetap membidik gelar juara umum dan merealisasikan target raihan medali.

Cabang olahraga karate PON XX/2021 mempertandingkan 17 kelas. Kepala Pelatih Tim Karate Jawa Barat Arif Hardiana mengatakan, berdasarkan hasil babak kualifikasi, Jawa Barat akan bersaing pada 14 kelas pada PON XX/2021 di Papua. 

"Mayoritas merupakan para atlet eks PON 2016, termasuk para peraih medali emas," ujar Arif dalam jumpa pers persiapan cabang olah raga menuju PON XX/2021 di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (31/8/2021).

Pada 2016, karate Jawa Barat menjadi juara umum dengan raihan 5 medali emas. Untuk PON XX/2021, kata Arif, Jabar mengusung misi menjadi juara umum dengan target minimal raihan 4 medali emas.

Target itu, kata Arif masih realistis jika melihat komposisi atlet dan pencapaian pada babak kualifikasi. Saat itu Jabar mampu meraih 3 medali emas, 1 perak, dan 5 perunggu.

Juara Babak Kualifikasi PON XX DKI Jakarta dan tuan rumah Papua akan menjadi kompetitor utama tim karate Jawa Barat dalam upaya mempertahankan juara umum pada PON XX/2021. 

"Konstelasi pada putaran final PON nanti tidak akan jauh berbeda dengan babak kualifikasi. DKI Jakarta dan tuan rumah harus paling diwaspadai. Kita juga harus bisa mengantisipasi faktor-faktor nonteknis subjektivitas dalam olah raga karate ini," tuturnya. (ABK)


Navigasi