FUTSAL JABAR SIAP PERTAHANKAN GELAR JUARA PON

BANDUNG – Cabang olahraga (cabor) futsal Jawa Barat layak untuk diperhitungkan di PON XX/2021 mendatang. Maklum. Dalam dua kali kekiutsertaannya di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON),  Jawa Barat mampu mempersembahkan medali.

Terakhir di PON XIX/2016, Jawa Barat berhasil menjadi juara umum dan menyabet medali emas. Prestasi ini berkat potensi-potensi muda futsal dimana pembinaannya selalu berada di jalan yang benar.

Di PON XX Papua yang akan digelar mulai 2 Oktober mendatang, tim futsal Jawa Barat kembali optimistis dapat mempertahankan gelar juara sekaligus membawa pulang medali emas ke Tanah Parahyangan.

“Dalam segi persiapan tim futsal Jawa Barat sudah 90 persen siap meskipun harus mengubah formasi dan materi pemain, “ kata Ayi M Yusuf, Staf Pelatih Futsal Jawa Barat kepada media di Ruang Kominfo KONI Jawa Barat, Rabu (01/09/2021).

Ayi mengungkapkan, permasalahan di masa pandemi tak terlalu siginifikan mengganggu proses persiapan cabor yang satu ini. Ayi menegaskan, selama itu tim futsal tetap bisa melakukan persiapan.

“Hanya kendalanya mencari lawan tanding saja, tapi kita sempat juara dalam turnamen. Namun secara fisik, mental saya yakin kita bisa mengimbangi daerah lain di PON nanti,” kata Ayi menambahkan.

Dari hasil uji tanding sambung Ayi, tim futsal yang sedang disiapkan mengalami perkembangan yang bagus. Menghadapi Liga Pro, futsal Jawa Barat menempati urutan kedua setelah bertemu Pelindo.

“Namun, secara grafik ada kemajuan dan menjadi bahan evaluasi, kami anggap semua persiapan sebagai simulasi PON untuk menghadapi peraturan baru,” ujarnya.

Menurut Ayi persaingan di cabor futsal tak hanya datang dari tuan rumah, daerah lain pun dipastikan akan menjadi ancaman seperti Sulsel. Namun beruntung Tim Futsal DKI Jakarta tidak lolos.

“Saya kira persoalan semua daerah yang turun di PON sama saat ini. Namun yang pasti untuk saat ini kami berusaha bagaimana caranya mempersiapkan dan meningkatkan mental sekaligus mempelajari peta kekuatan calon lawan kita,” Ayi menambahkan.

Cabor futsal akan mulai dipertandingkan mulai 24 September – 3 Oktober 2021 di  GOR Futsal SP2 Mimika.  Sedangkan, tim yang akan bertanding sebanyak 10 daerah. (ANK)


Navigasi