RESMI DIPERTANDINGKAN DI PON PAPUA, RUGBY JABAR SIAP PERSEMBAHKAN EMAS

BANDUNG -  Komunitas dan pecinta olahraga Rugby  pantas bergembira. Pasalnya, di PON XX 2021 di Papua,  olahraga asal Inggris tersebut masuk sebagai cabang olahraga resmi yang akan dipertandingkan.

Sebelumnya di PON XIX/2016 yang berlangsung di Jawa Barat, Rugby hanya sebatas eksibisi. Lantaran di Tanah Air cabang olahraga yang satu ini perkembangannya terbilang bagus banyak peminatnya, Alhasil setelah diekbisikan maka di PON selanjutnya menjadi cabang olahraga resmi.

Keikutsertaan Jawa Barat di cabang olahraga ini terbiang lumayan. Pada eskbisi PON lalu, Jawa Barat menempati runner up. Sementara juara dan peringkat pertama di eksibisi PON lalu ditorehkan provinsi Bali.

“Tahun ini olahraga rugby resmi dipertandingkan di PON, kami sangat gembira karena PON kali ini akan menjadi PON pertama.  Untuk Jawa Barat tentu saja sangat serius dalam persiapannya karena kami ingin ini emas di PON pertama,” ujar Aceng Ronna Syahbana, Manajer Tim Rugby Jawa Barat dalam pemaparan kesiapannya kepada media di Ruang Kominfo KONI Jawa Barat, Kamis (2/09/2021).

Aceng menyebut, sejak 2019 tim rugby Jawa Barat sudah terbentuk. Tim ini katanya dibentuk pada akhir Desember. Efektifnya, Januari 2020 tim Rugby Jawa Barat sudah leading menghadapi PON XX di Papua.

“Namun meski PON akhirnya diundur karena pandemi, kami tetap berlatih dan mempersiapkannya secara serius,” kata Aceng menambahkan.

Dalam proses perekrutan atlet pun kata Aceng, tidak menemui kesulitan. Sebab katanya, pengurus Rugby Jawa Barat dapat bekerja sama dengan UPI Bandung. Menurutnya, proses seleksi dari setiap Pengcab terkumpul 137 atlet putra dan putri

“Akhirnya kami mendapatkan 86 putra dan putri sebanyak 50 orang. Pihak UPI pun merekomendasikan sebanyak 30 pemain hasil seleksinya. Selanjutnya kita olah untuk membuat format tim Pelatda dan dilalukan tim pelatih,” kata Aceng lagi.

Saat ini tim Rugby Jawa Barat sudah memiliki 12 pemain putra dan dan 12 pemain putri. “Di kami setiap komposisi ada atlet Nasional yang terakhir bermain di SEA Games Manila, itulah kami cukup optimistis di PON nanti,” ujarnya.

Aceng menegaskan, tim Rugby Jawa Barat sudah berlatih efektif pasca pengunduran PON dari 2020 ke 2021 adalah sejak Februari. “Parameter kami untuk penampilan terbaik di PON adalah hasil try out kami ke Bali pada 24 sampai 30 Agustus lalu. Kita sudah bisa membaca lawan – lawan yang anggap kita berat,” katanya.

Cabang olahraga ini akan dilaksanakan di Lapangan Rugby TNI AU dan akan mulai digelar 4 sampai 6 Oktober 2021 dengan format Rugby 7’s. (ANK)


Navigasi