Asah Fokus dan Konsentrasi, Tim Persib Latihan Memanah

Bandung- Tim Persib Bandung berkolaborasi dengan Pengprov Persatuan Panahanan Indonesia (Perpani) Jawa Barat dalam mengasah konsentrasi dan fokus para punggawa tim berjuluk pangeran baru itu di Lapangan Panahan Pajajaran, Rabu (26/02/2020).

Usai menggelar launching tadi malam, para pemain dan jajaran pelatih Persib Bandung disuguhkan refreshing dengan kegiatan memanah. Hampir dua jam lamanya anak asuh Robert Rene Alberts itu melakukan kegiatan panahan dipandu dua orang instruktur dari Perpani Jabar.

Sebelum masuk dalam sesi permainan, Ryan memberikan arahan terlebih dahulu kepada para pemain dan juga pelatih Persib bagaimana cara menggunakan panahan yang baik dan benar. Dari pantauan di lapangan, Supardi Natsir beserta tim terlihat menikmati permainan memanah tersebut.

Pelatih Maung Bandung, Robert Rene Alberts mengatakan, kegiatan memanah ini merupakan salah satu rangkaian persiapan timnya menuju kompetisi Liga 1 musim 2020 . Dengan memanah para pemain bisa melatih fokus dan konsentrasi.

“Para pemain sudah melakukan latihan yang cukup berat. Hari ini penyegaran psikologis melatih fokus mereka dengan memanah. Kami melakukan recovery untuk pemain dengan memanah. Ini tentunya untuk membuat pemain lebih rileks jelang kompetisi. Saya harap ini menjadi pelajaran bagi pemain untuk focus menatap target di Liga 1,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Perpani Jabar, Ryan Agung mengatakan tujuan dari memanah ini adalah melatih konsentrasi, focus para pemain Persib. Tak hanya itu, melalui game elemenasi memanah juga melatih motivasi para Kim Jeffrey Kurniawan dan tim untuk menjadi yang terbaik.

“Aroma atlet sepakbola dengan panahan berbeda. Jadi ada kesulitan tersendiri mengajarkan panahan kepada mereka. Tapi intinya ini melatih focus mereka. Latihan kita di busurnya, anak panahnya sama targetnya ketika membidik. Meski ini fun tapi selama di lapangan terlihat motivasi mereka untuk menjadi yang terbaik. Terutama pada game eleminasi tadi yang dimenangkan tim pelatih,” ungkap Ryan.

Ryan juga menuturkan, pada latihan memanah tim Maung Bandung kali ini pihaknya memodifikasi jarak menjadi enam meter. Hal itu sengaja dilakukan untuk keamnaan. Pasalnya hamper semua pemain, pelatih dan ofisial Persib baru pertama kali bermain panahan.

“Kalau panahan harus altihan rutin. Ini jarak dimodifikasi, busur dimodifikasi, target juga bukan yang sebenarnya. Tapi menyesuaikan dengan kebutuhan tim Persib itu sendiri. Jarak hanya enam meter. Cukuplah untuk melatih konsentrasi. Terlalu jauh pun dikhawatirkan banyak anak panah yang nyasar. Kita perhatikan juga untuk keamanannya,”pungkasnya. *** (P93)


Navigasi