Berharap Pandemi Covid-19 Berlalu, Chae Mugi Ingin Bawa Tim Judo Jabar Berlatih di Korea

Bandung- Pelatih judo Jabar asal Korea Selatan, Chae Mugi berharap pandemi corona segera berlalu. Pasalnya ia tak sabar ingin mengembalikan kondisi performa para atletnya kembali normal seperti sbelum datangnya covi-19.

Selama masa pandemi covid-19 para atlet dipulangkan ke daerah masing-masing dan berlatih mandiri di rumahnya. Hal itu menurut pelatih yang akrab disapa Saem ini membuat latihan kurang maksimal.

“Karena kondisi masih pandemi covid-19 jadi sementara para atlet latihan mandiri di rumahnya masing-masing. Garis besarnya latihan kurang maksimal. Karena kondisi kalau lagi Pelatda di Jabar sama di rumah masing-masing yang dilakukan mungkin sama tapi porsinya pasti beda,” kata Saem, di Gedung KONI JAbar, Jl. PAjajaran, Bandung, Kamis (04/06/2020).

Meski begitu ia menilai secara garis besar bukan hanya atlet Jabar saja yang menghadapi kondisi seperti itu. Tapi semua atlet daerah lain pun demikian.Ia berharap, pada bulan Oktober 2020 mendatang, tim Judo Jabar bisa berangkat ke Korea untuk kembali melakukan pemusatan di sana.

“Untuk sementara sih dikembalikan ke atlet untuk latihan sendiri sesuai program yang diberikan saat pelatda di Pajajaran. Sekarang yang diharapkan dan ditunggu korona cepat hilang, kondisi membaik sehingga KONI Jabar bisa bergerak cepat membawa atlet kembali latihan terpusat,’ jelasnya.

Menurutnya, awal-awal pandemi covid-19, Korea Selatan merupakan salah satu negara yang paling parah terjangkit. Namun saat ini Korea juga menjadi salah satu yang cepat untuk pemulihan. Bahkan ia mengaku untuk profesional baseball dan sepakbola di Korea Selatan sudah mulai melakukan pertandingan-pertandingan yang tentunya dengan protokol kesehatan dan keamanan yang ketat.

“Pemain-pemain pro di sana sudah melakukan pertandingan dan pertandingan tanpa jeda. Dengna keamnan tanpa penonton dan lainnya. Ini yang mendasari saya ingin membawa atlet Jabar kembali berlatih di sana untuk mengembalikan kondisi mereka sepeti semula dan meningkatkannya,’ tegas Saem.

Begitu juga dengna perhelatan PON tahunan Korea Selatan yang dilaksanakan Okotber 2020 mendatang. Menurutnya belum ada wacana penundaan. Momentum tersebut menjadi ajang bagi atlet Jabar kembali berlatih di sana.

“Ada harapan ke sana tapi ngga tahu situasi akan berubah seperti apa jadi kita tetap harus lihat perubahan situasi di sana. Mudah-mudahan kalau memang kondisinya terus membaik, disetujui KONI Jabar untuk berangkat ke Korea,’katanya.

Menurut Saem, saat ini ia hanya bisa memantau perkembangan latihan atlet melalui video yang dikirim para atlet melalui grup whatsapp. Namun meski demikian ia melihat kondisi atlet dalam keadaan sehat dan tidak ada yang cedera atau bahkan terkena covid-19.

“Kita tidak bisa bertemu, saya juga tidak bisa datang ke tempat latihan mereka. Saya hanya memantau dari laporan video di WA grup. Kondisi mereka baik tidak ada yang cedera , tidak ada yang corona. Untuk atlet yang bekerja seperti biasa seperti TNI dan Polisi mereka tetap latihan sesuai aturan dan perizinan dari atasannya,” tandasnya. *** (P93)


Navigasi