KONI Jabar Apresiasi Pengajuan Kota Bogor Jadi Tuan Rumah Porprov 2026

BANDUNG- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat merespons positif keinginan Kota Bogor untuk menjadi penyelenggara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov)  XV tahun 2026 mendatang.

“Kami dari KONI Jabar dan semua anggota RAT yang saat ini hadir sangat antusias dan merespons positif keinginan dan harpaan Kota Bogor untuk menjadi tuan rumah. Kami lihat dari paparan, sebagai kepala daerah beliau memiliki keinginan untuk memajukan keolahragaan di daerah,” kata Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin di Prama Grand Preanger Hotel, Selassa (15/12/2020)

Kesiapan Kota Bogor untuk menjadi penyelenggara Porprov tahun 2026 secara langsung disampaikan Wali Kota Bogor, Bima Arya di Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Jabar tahun 2020 di Prama Grand Preanger Hotel, Jl. Asia Afrika Kota Bandung, 14-15 Desember 2020.

Menurut Ahmad, melihat durasi waktu yang cukup panjang memungkinkan bagi Kota Bogor untuk merancang dan membangun sarana prasarana yang bisa digunakan untuk multi event ringkat daerah tersebut.

“Yang paling positif kami lihat Kota Bogor mampu mengintegrasikan antara kepentingan keolahragaa dalam hal ini pembinaan prestasi serta kepentingan masyarakat luas untuk ikut serta di dalam mendukung dan memanfaatkan semua event. Kalua durasi waktu menurut saya ini cukup clear dan memungkinkan sejak 2022 merancanang dan membangun. Sehingga empat tahun kemudian proses dan progress bisa terwujud,”ungkapnya.

Selain itu, kata Ahmad, keinginan terebut sejalan dengan arah Kota Bogor untuk menuju Kota wisata olahraga atau sport tourism. Ini menunjukkan argumentasi bahwa olahraga menjadi investasi untuk masa depan dan kehidupan masyarakat Kota Bogor.

“Semoga apa yang sudah dirancang dan dilakukan Kota Bogor ini menjadi pemacu dan pemicu bagi kepala daerah yang lain. Saya yakin, jika kondisi ini terjadi dan dijadikan dalam perwujudan pembangunan di setiap kota dan kabupaten di Jabar maka akan mendorong lebih cepat pembangunan keolahragaan di Jabar,” katnya.

Meski demikian, Ahmad mengatakan jika pihaknya masih tetap membuka kesempatan bagi kota/kabupaten lain di jabar untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah penyelenggara Porprov XV Jabar tahun 2026 mendatang. Ini sesuai dengan konsep Porprov Jabar yang sudah dirancang yakni digelar di beberapa wilayah untuk mempercepat pertumbuhan pembinaan keolahragaan di Jabar.

“Kami akan kembalikan ke tim karena nanti akan ada tim yang akan menyeleksi, melihat sejauh mana ketersiapan dari segala aspek untuk dijadikan penyelenggara Porprov tahun 2026,”ujar Ahmad.*** (P93)


Navigasi