Perpani Jabar Bidik Dua Emas di Papua

BANDUNG- Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Jawa Barat menargetkan dua medali emas pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Papua mendatang.

Artinya target tersebut menurun dibandingkan raihan medali emas pada PON XIX/2016 di Jabar. Saat itu tim panahan Jabar menggondol empat medali dari nomor ronde Nasional putri beregu eleminasi, Nasional putri perorangan, Nasional putri total beregu, dan compound putri eliminasi perorangan.

“Di PON sebelumnya, empat emas, lima perak dan tiga perunggu, dengan raihan itu kami belum berkesempatan menjadi juara umum. Jabar berada di posisi kedua di bawah Jatim. Waktu itu memperebutkan 18 nomor pertandingan. Sementara di PON Papua nanti 15 nomor pertandingan. Target kami dua medali emas,”jelas Sekretaris Umum Perpani Jabar, Ryan Agung, di Lapangan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (05/01/2021).

Penurunan target pundi emas Jabar di multi event empat tahunan itu, menurut Ryan bukan tanpa alasan. Ryan mengaku nomor andalan Jabar yang di raih di PON 2016 dipangkas dan tidak dipertandingkan di PON Papua.

“Nomor andalan kita nomor nasional putri di Papua nomor ini dipangkas. Sementara Jabar bisa dapat tiga emas dinomor ini waktu PON 2016. kemudian yang kedua terkendala dengan batasan usia. Untuk nomor Nasional itu batasn usianya maksimal 25 tahun, sedangkan atlet kita yang Nasional sudah melewati batas usia yang diterapkan oleh PB,’ tegasnya.

Namun meski demikian, Perpani Jabar sudha menyiapkan atlet-atlet junior yang akan tampil di PON XX/2021 nanti. Dengan begitu, target dua medali emas dainggap sudah reealistik karena sudah berdasarkan analisa dan pemetaan.

“Atlet junior sudah disiapkan. Karena di Jabar sendiri kekuatan atlet panahan daerah sudah merata dibanding tahun-tahun sebelumnya yang hanya didominasi satu daerah saja. Dua medali emas insya Allah ini sudah hasil analisa dan pemetaan. Dukungan pemerintah dan KONI Jabar juga sudah kami dapatkan termasuk peralatan sudah diberikan tinggal kami gunakan latihan dan pertandingan,” ungkap Ryan.

“Sekarang sudah masuk tahunnya PON, kami sudah siap 100% dan tentunya dari target tadi kita berupaya untuk memunculkan kuda hitam seperti di nomor comound putri dan recurve putri. Minta doa restunya dari masyarakat Jabar untuk kelancaran semuanya,”pungkasnya. *** (P93)


Navigasi