Sandang Titel Juara PON, Yudiantara Genjot Mental Tim Sepakbola Jabar

BANDUNG- Tim Sepakbola Jawa Barat yang akan tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Papua tengah ditempa ketahanan dan peningkatan mental untuk mematikan tim kebanggaan masyarakat Jabar ini mampu mempertahankan status juara bertahan pada PON sebelumnya.

Pelatih Tim PON Jabar 2021, Yudiantara menuturkan, secara psikis kondisi tim besutannya harus lebih bagus dari segi mental. Pasalnya titel juara yang melekat sedikitnya menjadi beban bagi tim untuk bisa dipertahankan.

Intinya, kami akan mempersiapkan pemain tidak hanya dari segi teknis, tetapi tim kami juga harus diperkuat oleh pemain-pemain yang memiliki mental kuat. Apalah artinya teknis bagus tetapi mental kendor. Jadi harus ada keseimbangan sebagai juara bertahan,”tegasnya di Gedung KONI Jabar, Selasa (19/01/2021).

Yudiantara mengaku, saat ini telah memilih 23 pemain yang akan diboyong ke Papua. Meski demikian, lanjutnya, para pemain harus tetap menunjukkan performa terbaiknya. Karena tim pelatih masih melakukan promosi dan degradasi untuk menentukan pemain terbaiknya.

“Jumlah tersebut belum fix. Mengingat dari KONI sendiri kuotanya hanya 18 pemain. Oleh karena itu kami masih menerapkan promosi degradasi atlet dan akan ditetapkan sambil berjalan,” katanya.

Saat ini, Tim Sepakbola PON Jawa Barat sudah kembali menggelar sentralisasi. Latihan digelar di Lapangan Progresif Soekarno Hatta, Kota Bandung. “Sejauh ini semua lapangan kondisinya layak. Hanya saja, kita harus berpindah – pindah saja. Tapi secara umum tidak ada masalah,” ujar Yudiantara. ***


Navigasi