Sat. Dec 14th, 2019
`

Persaingan Ketat, Gulat Jabar Siap Borong Tiket ke PON 2020

2 min read

Bandung- Meski terbilang teralambat menjalani pemusatan latihan, namun Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Jawa Barat, Alfan Sulaeman optimistis tim gulat Jabar mampu meloloskan atletnya sebanyak mungkin pada babak kualifikasi (BK) PON XX/2020 yang akan dilaksanakan di GOR Jakarta Timur, Otista, pada 1-5 Oktober 2019.

“Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk lolos, ambil tiket ke PON. Kita berusaha, tapi tetap semua berpulang ke latihan. Prestasi itu ngga bisa instan. Kita terkendala waktu latihan, start kita terlambat. Kurang dari sebulan kita benar-benar pemusatan latihan, atlet kumpul semua,”ungkapnya.

Alfan menilai, jika saat ini persaingan gulat di Nasional semakin ketat. Waktu 2016, tim Jabar memang ada dijajaran kiblat gulat Nasional. Namun menurutnya, kiblatnya kini berpindah ke Jawa Timur, Kalimantan Timur dan juga termasuk Kalimantan Selatan.

“Persaingan sudah mulai kelihatan, gulat Indonesia kiblatnya itu Jatim, Kaltim dan Kalsel juga termasuk. Tiga besarnya di situ. Kalau PON lalu Jabar masuk. Jadi untuk lolos semua itu agak sulit. Ada beberapa atlet yang bisa dibilang belum terlalu matang. Pasti persiaan lawan juga jauh lebih bagus. Tapi kita berupaya untuk meloloskan sebanyak-banyaknya,” kata Alfan.

Melihat motivasi para atlet, Alfan menilai motivasi tim gulat Jabar dalam kondisi baik. Apalagi BK merupakan gerbang menuju perhelatan multi event empat tahunan. Sehingga ada nilai plus yang didapat tim Jabar.

Pada BK kali ini, Jabar menurunkan kekuatan sebanyak 18 atlet. Yang terdiri dari 6 atlet kelas gaya bebas putra, 6 atlet kelas gaya bebas putri, dan 6 atlet kelas gaya grego putra. “Kita tidak menargetkan berapa jumlah medali emas, perak dan perunggu. Yang penting dapat tiket lolos ke PON,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin mewanti-wanti kepada para atlet untuk memahami kekuatan diri sendiri dan juga kekuatan lawan. Sehingga para atlet tahu bagaimana cara mengungguli pesaingnya.

“Puncaknya nanti ada di BK, karena BK adalah perjalanan penting. Bagi gulat sulit dibohongi. Saya yakin tidak cukup mudah. Apabila di BK ini bisa emas, makan opini saya bisa dipertahankan sampai sana (PON). Saya minta sebanyak-banyaknya lolos. Kemampuan anda keluarkan secara maksimal. Karena kekuatan musuh anda sudah harus di kuasai. Mulai sekarang anda harus paham perkembangan calon lawan dan pengulat lain nya,”pungkasnya. *** (P93)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Haidar

rizal

October 2019
M T W T F S S
« Apr   Nov »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031