Wed. Apr 8th, 2020

179 Atlet Jabar Tampil di SEA Games 2019

2 min read

Bandung- Sebanyak 179 atlet Jawa Barat dan 44 orang official turut berjuang membela kontingen Indonesia diajang SEA Games 2019 di Filipina.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, Ahmad Saefudin mengataan, jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan dengan jumalah atlet dan official asal Jabar pada SEA Games 2017 lalu di Malaysia yang berjumlah 191 orang.

“Total di SEA Gemas Manila itu ada 223 orang yang terdiri dari 179 atlet dan 44 oficial. Setidak-tidaknya ada peningkatan dari sebelumnya. Ini berarti pembinaan oleh cabor benar-benar meningkat. Dan ini benar adanya,” jelas Ahmad di Kantor KONI Jabar, Rabu (04/12/2019).

Dari 179 atlet, menurutnya tidak lebih dari 30 emas diprediksi akan diraih atlet-atlet asal Jabar. Baik itu  dari nomor perorangan ataupun beregu. Karena Ahmad menilai, dari ajang Asian Games ke SEA Games ini tidak teralu jauh durasi waktunya. Sehingga prediksi lawan-lawannya tidak jauh dari atlet sebelumnya.

Hingga hari ini, setidaknya atlet Jabar sudah menyumbang 6 emas, 6 perak dan 5 perunggu. Medali emas ditorehkan dari cabor polo air, angkat besi, menembak, judo dan badminton.

“Jika melihat pemetaan yang kami lakukan, dari 179 atlet ini tidak semua ada di PON Papua nanti. Hanya sekitar 108 atlet saja yang akan tampil di PON tahun 2020. Namun kalau dilihat dari peraih-peraih medali di SEA Games itu cukup signifikan untuk keberhasilan di PON. Jika peluangnya terus dipelihara, kemudian setelah pulang dari SEA Games langsung dilanjutkan Pelatda Prima. Kemungkinan besar di atas kertas akan mampu untuk dipertahankan,” ungkapnya.

Untuk memotivasi secara langsung kepada para atlet Jabar yang masih berjuang untuk meraih medali bagi Indonesia di SEA Games 2019, KONI Jabar akan mengirimkan tim ke Filipina.  Yang terdiri dari 3 pengurus dan Bidang Pembinaan PRestasi (Binpres) yaitu Maryatno, Sucipto dan Boyke. Ditambah lima orang perwakilan dari lima cabor. Yaitu dari cabor dayung, golf, biliar dan silat.

“Jadi dari KONI Jabar ada 8 orang perwakilan yang diberangkatkan untuk memberikan motivasi. Uang dari KONI besok atau lusa akan kita kirim ke rekening para atlet. Semua kita bantu sesuai dengan usulan yang kita ajukan ke Pemprov  Jabar. Insya Alloh besok sudah bisa dicairkan,” tanddasnya. (kahijinews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *