Tue. Jul 7th, 2020

KONI Jabar Rombak Kepengurusan Periode 2018-2022

3 min read

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, Ahmad Saefudin melakukan perombakan kepengurusan KONI Jabar periode 2018-2022 menjadi lebih ramping. Dari sebelumnya pengurus KONI Jabar berjumlah 102 orang kini menjadi 83 orang.

Pengumuman perombakan tersebut diumumkan pada Selasa, (23/06/2020) di GOR Tri Lomba Juang, Jl. Pajajaran, Kota Bandung.

Untuk mengefektifkan kinerja ,Ahmad Saefudin beserta tim formatur juga menambah dua bidang baru yaitu Ketua Harian yang dijabat M. Budiana yang sebelumnya Wakil Ketua I serta bidang pembinaan dan strategis yang dijabat oleh Prof. Rusli Lutan yang sebelumnya ketua bidang hubungan luar negeri.

Beberapa personil kepengurusan lama pun berpindah posisi. Diantaranya M. Budhiana kini menjabat sebagai Ketua Harian KONI Jabar yang sebelumnya sebagai Wakil Ketua Umum I yang kini diisi oleh Verdia Yosef.

Sementara posisi Verdia Yosef sebelumnya sebagai Wakil Ketua Umum II diisi Yunyun Yudiana yang sebelumnya mengisi posisi Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres). Sedangkan posisi Ketua Binpres sendiri saat ini dijabat Trio Arsefto. 

Kepengurusan KONI Jabar masa bakti 2018-2022 hasil reshuffle ini sudah disahkan KONI Pusat melalui Surat Keputusan (SK) Nomor 59 tahun 2020. SK tentang Penggantian antar waktu (PAW) Pengurus KONI Jabar  masa bakti 2018-2022 ini ditandatangani langsung Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman pada tangggal 17 Juni 2020.

“Reshuffle yang sangat mendasar menurut saya. Karena kita memiliki beban yang cukup berat, sehingga personil harus kita kurangi sesuai dengan saran dan masukan dari Pemprov Jabar.

Walapun ada bidang baru yaitu ketua harian tidak lain saya ingin lebih terhindar dari hal-hal yang menjadi benturan hukum. Karena memang di dalamnya kita memiliki anggaran yang disediakan untuk memenuhi setiap kegiatan rutin dan non rutin. Yang rutin inilah saya berharap secara administratif bisa dilakukan oleh ketua harian,” ungkap Ahmad usai memberikan pengarahan kepada kepengurusannya tersebut.

Meski begitu, Ahmad menilai idelanya kepengurusan bisa ramping hingga 70 orang. Namun karena kebutuhan tertentu, pihaknya memertahankan 83 orang tersebut. Kepengurusan KONI tersebut akan mulai efektif bertugas pada 1 Juli 2020 mendatang. Sementara sepekan ke depan tugas masih diemban oleh kepengurusan sebelumnya.

Wajah baru yang mengisi kepengurusan KONI Jabar 2018-2022 ini diyakini profesional sesuai dengan bidang yang ditempatinya. Seperti Brigjend TNI (Purn) Robinhud MC. John yang merupakan mantan Inspektorat Umum (Irum) Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI yang kini menjabat sebagai Ketua Badan Audit Internal (BAI) KONI Jabar. Termasuk Letkol (Purn) Suharto Djikun yang menjabat sebagai Ketua Bidang Pelayanan, Pemeliharaan, dan Perawatan Umum KONI Jabar.

“Wajah baru ini karena saya berharap memiliki konteks profesionalisme . Badan audit intenal saya meminta kepada teman-teman yang memiliki kapasitas sehingga tahu persis. Badan audit harus bisa mendampingi semenjak perencanaan sampai bisa dilaksanakan kegiatan. Untuk Internal sampai bisa dilaksanakan oleh si penerima manfaat yaitu cabang olehraga sebagai pengguna anggaran, itu mereka harus ikut serta. Sehingga pada akhirnya nanti harus di clearance oleh akuntan publik itu tidak ada permasalahan,”tegasnya.

“Kemudian Prof. Rusli beliau tahu persis pembinaan secara nasional dan internasional. Bidang umum, saya ingin banyak ketertiban internal karena harus ada barang-barang yang harus kita lindungi. Yang lainnya juga sama,”sambung Ahmad.

Melalui reshuffle yang dilakukan, lanjut Ahmad, diharapkan lebih memaksimalkan kinerja dari setiap personil kepengurusan KONI Jabar. Termasuk dalam menghadapi perhelatan PON XX yang akan digelar di Papua pada tahun 2021.

“Nama-nama baru yang masuk di jajaran kepengurusan ini pun akan berkaitan juga dengan persiapan PON XX. Rata-rata mereka purnawirawan TNI yang sudah sangat memahami bagaimana kondisi sosio kultural, demografis maupun geograpis di Papua,”pungkasnya. *** (P93)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *