GULAT PON JABAR DILEMA

BANDUNG - Tim gulat Jawa Barat belum memiliki agenda untuk menggelar try out meski ajang uji tanding menjadi kebutuhan para atlet. Apalagi waktu efektif mempersiapkan diri menghadapi PON XX tinggal tersisa tiga bulan. 

"Dalam triwulan terakhir ini memang seharusnya mulai banyak komptisi atau uji tanding sebagai evaluasi hasil latihan. Namun kita cukup sulit untuk itu," kata pelatih gulat PON XX Jabar, Bambang Erawan kepada wartawan, Senin (07/06/2021).

Salah satu agenda untuk try out, lanjut Bambang, yakni sesuai program KONI Jabar. Yakni melakukan training camp (TC) di Korea Selatan pada bulan Juli 2021 mendatang. "Kita menunggu saja keputusan dari KONI Jabar terkait TC di Korea Selatan. Kalau atlet sudah sangat siap," Bambang menambahkan.

Meski demikian, Bambang mengaku masih ada kegamangan dengan pelaksanaan TC di Gyeongsangbuk-Do, Korea Selatan. Pasalnya, kondisi saat ini masih dihantui oleh pandemi Covid-19.

"Yang dikhawatirkan kalau ternyata kita harus karantina terlebih dahulu selama 14 hari saat tiba di Korea Selatan. Itu akan menyulitkan karena kondisi fisik atlet akan turun kalau ada karantina," Bambang menerangkan.

Namun jika tidak melakukan TC di Korea Selatan, Bambang mengaku kesulitan mendapatkan lawan latih tanding bagi atlet. Padahal, uji tanding menjadi hal yang sangat dibutuhkan atlet sebagai evaluasi hasil latihan yang sudah dilakukan selama ini.

"Jadinya dilema. Berangkat ke korea takut ada karantina, tapi kalau tidak berangkat kita tidak punya sparing partner karena tidak ada kompetisi. Kita akan koordinasi dengan KONI Jabar untuk solusinya," Bambang menegaskan.

Saat ini, komposisi tim gulat Jabar dihuni oleh 11 atlet. Dengan rincian, 4 atlet putra kelas grego, 1 atlet putra kelas bebas, dan 6 atlet putri kelas bebas.

Gulat sendiri merupakan salah satu cabang olahraga unggulan Jabar di PON XX. Hal ini terlihat dari capaian gulat Jabar di PON XIX tahun 2016 lalu dengan raihan 7 medali emas, 7 medali perak, dan 6 medali perunggu.

Untuk PON XX tahun 2021, gulat Jabar lolos di 9 nomor pertandingan berdasarkan hasil babak kualifikasi PON XX yang digelar di GOR Otista Jakarta Timur, pada 1-5 November 2019. Sedangkan target medali emas yang diincar sebanyak 4 keping.

"Rencananya, kita akan melakukan aklimatisasi selama 10 hari di Papua sebelum pertandingan dimulai pada tanggal 8 Oktober 2021 di Merauke," kata Bambang. (ARS)


Navigasi