MEGAWATI INCAR EMAS PON DAN SEA GAMES

BANDUNG- Menjadi personel tim Nasional dan membela kehormatan negara pada perhelatan antarnegara tentu menjadi cita-cita setiap atlet di Indonesia. Atlet taekwondo putri Jawa Barat, Megawati Tamesti Maheswari merasa sangat bersyukur karena mendapatkan kesempatan untuk mewujudkan harapannya sejak lama, yakni menjadi bagian tim Nasional untuk berlaga pada ajang Internasional.

Mega, begitu ia biasa disapa, sudah jatuh cinta dan menekuni olahraga bela diri asal Korea Selatan itu saat duduk di bangku kelas 2 SD. Kerja keras latihan Mega terbayar dengan deretan prestasi. 

Gadis berusia 23 tahun itu adalah andalan Jawa Barat yang berhasil meraih medali emas pada partisipasi perdananya di PON, yakni edisi PON XIX/2016. Mega juga berhasil meraih medali emas untuk tim Kota Bandung pada Porda XIII/2018 dan masih menjadi andalan Kota Bandung untuk Porprov XIV/2022. 

Ketekunan Mega mendapat ganjaran yang diharapkannya, yakni berhasil lulus seleksi Nasional pembentukan tim pemusatan latihan taekwondo Indonesia untuk menghadapi SEA Games ke-31 Vietnam. Mega bahkan menjadi juara kyorugi kelas -49 kg pada Seleknas pertama yang digelar Februari lalu. Pencapaian ini menebus harapan Mega yang pada 2015-2017 lalu juga sempat menghuni tim Pelatnas.

"Bisa kembali masuk Pelatnas lagi itu kesempatan yang benar-benar tidak akan saya sia-siakan. Saya berusaha berlatih semaksimal mungkin setiap hari untuk mencapai target di SEA Games nanti," ujar peraih medali perak kejuaraan internasional di Jeonju Korea Open 2016 itu.

Sistem promosi dan degradasi atlet masih diberlakukan di Pelatnas untuk menyaring atlet terbaik yang nantinya menjadi tim inti Indonesia pada SEA Games Vietnam. Andaikan bisa mempertahankan performa dan posisinya di Pelatnas, harapan Mega untuk tampil di SEA Games akan terwujud. Atlet andalan Jabar yang diproyeksikan meraih emas pada PON XX/2021 Papua itupun mematok target tinggi.

"Target tentunya harus emas dan main bagus. Oleh karena itu saya sekarang  hanya fokus berlatih setiap hari bersama tim Pelatnas supaya bisa mengharumkan nama Indonesia dan Jawa Barat dengan prestasi terbaik di SEA Games maupun PON," ujar Mega yang bercita-cita bisa tampil pada ajang olimpiade itu. (ABK)


Navigasi