Cegah Covid-19, KONI Jabar Gelar Swab Test

Bandung- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat  menggelar swab test kepada atlet, pelatih dan mekanik tim Pelatda Jabar di GOR TRi Lomba Juang, Bandung, mulai tanggal 16 - 18 November 2020.

“Semakin tingginya penyebaran Covid-19 di wilayah Bandung dan sekitarnya, kami berinisiatif dan diperkuat Gubernur Jawa Barat ketika webinar Haornas pada September 2020 untuk dilakukan swab test,” kata Wakil Ketua II KONI Jabar yang juga koordinator swab test, Yunyun Yudiana di Gedung KONI Jabar, Jl. Pajajaran Bandung, Senin (16/11/2020).

Swab test sendiri dilaksanakan kepada 835 atlet, 193 pelatih, dan 14 mekanik. Sementara untuk cabor yang berada di luar Bandung, akan disatukan tes nya di Cipule, Karawang.

“Untuk berapa cabor di luar Bandung seperti dayung di Cipule dan yang latihan di Bekasi. Nanti disatukan tesnya di Cipule karawang,” katanya.

Sementara itu, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Sebelumnya, pihaknya sudah melakukan rapid test terhadap semua atlet dan pelatih Pelatda PON XX Jabar hingga seluruh insan olahraga di Jabar.

“Kekhawatiran Pak Gubernur itu karena kondisi Covid-19 saat ini susah diprediksi dan fluktuafif, bahkan banyak yang terpapar ini statusnya OTG," jelasnya.

Yunyun mengaku jika pihaknya sudah melakukan berbagai upaya pencegahan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Mulai dari pemantauan kesehatan atlet secara berkala oleh tim psikologi dan kesehatan hingga penerapan protokol kesehatan yang ketat di lokasi-lokasi tempat atlet melakukan latihan.

“Protokol kesehatan di tempat latihan juga tentunya sudah dilakukan seperti pada umumnya anjuran dari pemerintah. Tempat latihan juga rutin dilakukan disinfektan. Kami KONI Jawa Barat berharap Covid-19 ini segera beres. Sehingga atlet bisa latihan rutin, intensitas latihan baik, dan ada kejuaraan,” jelasnya. *** (PNJ)


Navigasi