Ciamis Gantikan Kota Tasik Jadi Tuan Rumah Porprov Jabar 2022

BANDUNG- Kabupaten Ciamis resmi menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat Tahun 2022. Sebelumnnya, status tuan rumah itu menjadi milik Kota Tasikmalaya.

Pergantian itu secara resmi dilakukan di Rapat Anggota Tahunan (RAT) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar yang berlangsung di Prama Grand Preanger, Kota Bandung, 14-15 Desember 2020.

Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin mengatakan, jika pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak Ciamis baik secara pribadi maupun dengan pemerintah setempat.

“Kami sudah berkomunikasi langsung ddan mereka menyanggupinya. Jadi secara aklamasi kami putuskan di RAT bahwa Ciamis resmi mengganti Kota Tasikmalaya sebagai penyelenggara Porprov tahun 2022 mendatang,” kata Ahmad.

Untuk menyelenggarakan cabang olahraga, Ciamis tak perlu banyak membangun venue. Menurut Ahmad, Ciamis sudah memiliki fasilitas yang bisa digunakan untuk perhelatan multi event daerah tersebut.

“Hanya satu yang dibangun, yaitu panjat tebing dan itu sudah kita pastikan tidak ada masalah. Sisanya hanya perbaikan-perbaikan saja,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Ciamis Yasmin Sambas mengatakan, sebelumnya Kabupaten Ciamis hanya menjadi daerah penyangga tuan rumah utama Porprov XIV Jabar tahun 2022 yakni Kota Tasikmalaya. Saat itu, Kabupaten Ciamis baru ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggara pertandingan cabang olahraga atletik, sepak bola, sepeda BMX dan soft tennis.

“Kami pun mengajukan menjadi tuan rumah penyelenggara pertandingan Porprov XIV Jabar untuk tujuh cabang olahraga lain. Yakni tenis meja, panjat tebing, petanque, wushu, muaythai, sepak takraw, dan tenis lapang,”tandsanya. * (P93)


Navigasi